Pendahuluan
Bahasa Sunda adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang patut dilestarikan. Sebagai bagian dari kurikulum pendidikan, mata pelajaran Bahasa Sunda diajarkan di berbagai jenjang, termasuk kelas 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pada semester 2, materi yang diajarkan biasanya lebih kompleks dan mendalam dibandingkan semester sebelumnya.
Artikel ini bertujuan untuk menyediakan kumpulan soal latihan Bahasa Sunda kelas 8 semester 2, yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013 revisi. Selain soal, artikel ini juga dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan yang rinci, sehingga siswa dapat belajar secara mandiri dan mempersiapkan diri menghadapi ujian dengan lebih baik.
Materi yang Diujikan
Soal-soal dalam artikel ini mencakup berbagai materi yang umumnya diajarkan pada semester 2 kelas 8, di antaranya:
- Carpon (Carita Pondok): Memahami unsur intrinsik dan ekstrinsik carpon, menganalisis amanat, dan menulis carpon sederhana.
- Guguritan: Mengenal struktur guguritan, memahami makna kata-kata sulit, dan mengidentifikasi pesan yang terkandung dalam guguritan.
- Biantara (Pidato): Memahami struktur biantara, menyusun teks biantara, dan menyampaikan biantara dengan baik dan benar.
- Pupujian: Mengenal jenis-jenis pupujian, memahami isi kandungan pupujian, dan melantunkan pupujian dengan benar.
- Wawancara: Memahami teknik wawancara, menyusun daftar pertanyaan wawancara, dan melakukan wawancara dengan narasumber.
- Aksara Sunda: Membaca dan menulis kalimat sederhana menggunakan aksara Sunda.
- Tata Bahasa: Pemahaman mengenai kalimah aktif dan pasif, kecap pagawean (kata kerja), kecap barang (kata benda), kecap sipat (kata sifat), dan kecap bilangan (kata bilangan).
Contoh Soal dan Kunci Jawaban
Berikut adalah beberapa contoh soal beserta kunci jawaban dan pembahasannya:
I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
-
Carpon nyaéta…
a. Carita panjang anu ngabogaan loba tokoh.
b. Carita rékaan anu pondok tur bisa dibaca dina sakali diuk.
c. Carita nyata anu panjang tur ngabogaan loba konflik.
d. Carita pondok anu eusina ngeunaan sajarah.Jawaban: b. Carita rékaan anu pondok tur bisa dibaca dina sakali diuk.
Pembahasan: Carpon (carita pondok) adalah cerita fiksi yang relatif pendek dan dapat dibaca dalam sekali duduk.
-
Unsur intrinsik carpon di antarana, iwal…
a. Tema
b. Latar
c. Galur
d. Gaya hirup pangarangJawaban: d. Gaya hirup pangarang
Pembahasan: Unsur intrinsik carpon adalah unsur yang membangun cerita dari dalam, seperti tema, latar, galur (alur), tokoh, penokohan, dan amanat. Gaya hirup pangarang (gaya hidup pengarang) termasuk unsur ekstrinsik.
-
"Hayu atuh urang miara lingkungan sangkan hirup séhat." Éta kalimah téh mangrupa…
a. Kalimah pangajak
b. Kalimah pananya
c. Kalimah panyeluk
d. Kalimah wawaranJawaban: a. Kalimah pangajak
Pembahasan: Kalimah pangajak adalah kalimat yang berisi ajakan untuk melakukan sesuatu. Dalam kalimat tersebut, terdapat ajakan untuk memelihara lingkungan.
-
Guguritan téh asalna tina…
a. Pantun
b. Sisindiran
c. Dangding
d. Carita pantunJawaban: c. Dangding
Pembahasan: Guguritan adalah salah satu bentuk puisi tradisional Sunda yang terikat oleh aturan pupuh (metrum). Pupuh merupakan bagian dari dangding.
-
Bagian biantara anu eusina ngajéntrékeun maksud jeung tujuan biantara disebut…
a. Bubuka
b. Eusi
c. Panutup
d. Salam bubukaJawaban: b. Eusi
Pembahasan: Bagian eusi dalam biantara berisi penjelasan mengenai maksud dan tujuan pidato, serta uraian materi yang ingin disampaikan.
-
Conto pupujian anu eusina muji ka Allah SWT nyaéta…
a. Ya Allah Ya Robbana
b. Eling-eling mangka éling
c. Budak leutik teu ngarti
d. Peuyeum BandungJawaban: a. Ya Allah Ya Robbana
Pembahasan: Pupujian adalah puisi религиозный yang berisi puji-pujian kepada Allah SWT, shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, nasihat, atau doa.
-
Dina wawancara, jalma anu ditanya disebut…
a. Panumbu catur
b. Narasumber
c. Reporter
d. ModeratorJawaban: b. Narasumber
Pembahasan: Narasumber adalah orang yang diwawancarai dan memberikan informasi.
-
Aksara Sunda tina kecap "buku" nyaéta…
(Gambar aksara Sunda untuk "buku")Jawaban: (Jawaban berupa gambar aksara Sunda yang benar untuk kata "buku")
Pembahasan: Siswa harus hafal bentuk-bentuk aksara Sunda untuk menjawab soal ini.
-
Kalimah di handap anu ngagunakeun kecap pagawean nyaéta…
a. Buku téh anyar kénéh.
b. Bapana guru basa Sunda.
c. Adi keur maca buku.
d. Imahna gedé pisan.Jawaban: c. Adi keur maca buku.
Pembahasan: Kecap pagawean (kata kerja) adalah kata yang menyatakan tindakan atau perbuatan. Dalam kalimat tersebut, "maca" (membaca) adalah kecap pagawean.
-
"imah", lamun dirobah kana kecap barang abstrak jadi…
a. Ngaimah
b. Paimahan
c. Imah-imah
d. DiimahkeunJawaban: b. Paimahan
Pembahasan: Kecap barang abstrak adalah kata benda yang tidak dapat dilihat atau diraba, tetapi dapat dirasakan atau dipikirkan. "Paimahan" (perumahan) adalah contoh kecap barang abstrak yang berasal dari kata "imah" (rumah).
II. Eusian titik-titik di handap ieu ku jawaban anu merenah!
- Amanat dina carpon nyaéta…
- Pupuh anu ngagambarkeun rasa ambek atawa keuheul nyaéta pupuh…
- Bagian biantara anu eusina sanduk-sanduk ménta dihampura disebut…
- Jalma anu ngawawancara disebut…
- Aksara Sunda disebut ogé aksara…
Kunci Jawaban:
- Pesan moral atawa nasehat anu hayang ditepikeun ku pangarang.
- Kinanti
- Panutup
- Pewawancara
- Kaganga
III. Jawab pertanyaan di handap ieu kalawan jelas!
- Sebutkeun unsur-unsur intrinsik carpon!
- Jelaskeun naon anu dimaksud kalimah aktif jeung kalimah pasif, sarta berikan contohna!
- Jieun hiji conto guguritan pupuh Kinanti!
- Susun hiji teks biantara singket ngeunaan pentingna miara basa Sunda!
- Jieun daftar pertanyaan pikeun wawancara jeung tokoh masyarakat ngeunaan ngamumulé seni Sunda!
Kunci Jawaban:
(Jawaban untuk bagian ini akan sangat panjang dan bervariasi, tergantung pada kreativitas dan pemahaman siswa. Namun, poin-poin penting yang harus ada dalam jawaban akan disebutkan.)
- Unsur intrinsik carpon: Tema, latar (tempat, waktu, suasana), galur (alur), tokoh, penokohan, amanat, sudut pandang.
- Kalimah aktif: Kalimat yang subjeknya melakukan tindakan (conto: Budi maca buku). Kalimah pasif: Kalimat yang subjeknya dikenai tindakan (conto: Buku dibaca ku Budi).
- Conto guguritan pupuh Kinanti: (Siswa membuat contoh guguritan dengan memperhatikan guru wilangan dan guru lagu pupuh Kinanti).
- Teks biantara: (Siswa menyusun teks pidato singkat dengan struktur bubuka, eusi, dan panutup, serta tema yang relevan).
- Daftar pertanyaan wawancara: (Siswa membuat daftar pertanyaan yang relevan dengan tema wawancara, misalnya: Kumaha cara ngamumulé seni Sunda di kalangan generasi muda? Naon waé tantangan dina ngamumulé seni Sunda? Kumaha cara ngatasi tantangan éta?).
Penutup
Kumpulan soal dan kunci jawaban ini diharapkan dapat membantu siswa kelas 8 SMP dalam memahami materi Bahasa Sunda semester 2. Selain berlatih dengan soal-soal ini, siswa juga disarankan untuk membaca buku pelajaran, mencari referensi lain, dan aktif bertanya kepada guru jika ada materi yang belum dipahami. Semoga sukses!
Tinggalkan Balasan